Viral Pelamar Kerja Dicegat Calo, Kemnaker Buka Suara

Sejumlah warga mencari lowongan pekerjaan di pameran bursa kerja di Pasaraya Blok M, Jakarta, Kamis, 28/7. Sebanyak 5000 lowongan dari 46 perusahaan hadir untuk membuka karyawan baru. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Viral aksi calo pencari kerja menghalangi kandidat karyawan sebuah perusahaan di Cikarang Jawa Barat. Hal ini ramai usai curhatan salah satu akun komunitas di Twitter @workfess, hingga Kementerian Ketenagakerjaan pun angkat suara.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari, mengatakan seharusnya petugas keamanan perusahaan berjaga di depan area perusahaan untuk menerima hingga mengawal pencari kerja yang mendapat panggilan wawancara dari perusahaan.

“HRD Manager di situ segera berkoordinasi dengan satuan pengamanan, apalagi jika jumlah yang mau di-interview banyak,” kata Dita mengutip CNN Indonesia, Minggu (9/4/2023).

Tapi dia mengapresiasi langkah perusahaan yang mengadakan rekrutmen secara online sehingga bisa diakses khalayak luas. Dia juga menyarankan agar rekrutmen perusahaan diunggah di website Kemnaker www.siapkerja.go.id.

Selain itu rekrutmen online juga bisa menekan keberadaan calo pencari kerja. Dia juga meminta perusahaan mengalokasikan jatah tenaga kerja yang merupakan warga lokal di sekitar lokasi bisnis.

Sebelumnya dalam akun komunitas di Twitter @workfess, dijelaskan awal mula terjadinya aksi menghalangi itu lantaran si calo kesal lantaran tidak ada satu kandidat karyawan yang menggunakan jasanya lolos di perusahaan tersebut.

“Gara-gara bawaan dia nggak ada yang dipanggil oleh pihak perusahaan maka ia menghalangi setiap calon kandidat yang murni untuk masuk ke perusahaan tersebut,” tulis @workfess, dikutip Minggu (9/4/2023).

Pengirim curhatan itu mempertanyakan apakah praktik percaloan masuk kerja masih diterapkan di perusahaan di kawasan industri Cikarang.

“Apakah perusahaan di kawasan EJIP, MM2100 masih memakai sistem ini di perusahaan untuk bisa masuk bekerja di perusahaan? kalau ada pantesan aja makin susah mencari kerjaan kalau di awal harus memakai uang jutaan,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*